Beranda | Artikel
Adzab Kubur dan Nikmat Kubur - Kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-Itiqad (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Rabu, 5 Maret 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

[sc:status-al-irsyad-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad Ini: Beriman kepada Hari Kiamat (الإيمان باليوم الآخر)

Fitnah Kubur, Adzab Kubur, dan Nikmat Kubur (فتنة القبر وعذابه ونعيمه)

Adzab Kubur dan Kenikmatan Kubur (عذاب القبر ونعيمه)

Keyakinan kita, Ahlus Sunnah wal Jama’ah meyakini adanya Adzab Kubur dan Kenikmatan Kubur.

Syaikh Shalih Fauzan Al-Fauzan hafidzahullah berkata:

مذهب سلف الأمة وأئمتها أن الميت إذا مات يكون في نعيم أو عذاب، وأن ذلك يحصل لروحه وبدنه، وأن الروح تبقى بعد مفارقة البدن منعمة أو معذبة، وأنها تتصل بالبدن أحيانا، ويحصل له معها النعيم أو العذاب‏.‏

“Keyakinan Salaful ummah dan para ulama mereka, bahwa mayat apabila telah meninggal dunia, maka mereka berada di dalam kenikmatan atau dalam adzab. Dan bahwasanya (nikmat / adzab) itu akan didapati pada ruh dan badannya. Dan bahwasanya ruh itu setelah berpisah dengan badan, dia diberikan nikmat atau diberikan adzab, terkadang ia (nikmat / adzab) berhubungan dengan badan, sehingga yang mendapatkan kenikmatan / adzab (adalah) ruh dan badannya.”

Namun, Ibnul Qayyim mengatakan, bahwa alam kubur yang paling dominan adalah ruhnya.

Adapun dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam banyak. Adapun dari Al-Qur’an, Allah Ta’ala berfirman:

… لَوْ تَرَى إِذِ الظَّالِمُونَ فِي غَمَرَاتِ الْمَوْتِ وَالْمَلآئِكَةُ بَاسِطُواْ أَيْدِيهِمْ أَخْرِجُواْ أَنفُسَكُمُ الْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُونِ بِمَا كُنتُمْ تَقُولُونَ عَلَى اللّهِ غَيْرَ الْحَقِّ وَكُنتُمْ عَنْ آيَاتِهِ تَسْتَكْبِرُونَ (الأنعام: ٩٣)

Mari kita simak ceramah agama dari bahasan tauhid dalam kitab Al-Irsyaad ila Shahiih Al-I’tiqaad yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam di Radio Rodja dan RodjaTV.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Adzab Kubur dan Nikmat Kubur

Silakan download rekamannya dan bagikan MP3 kajian ini kepada saudara-saudara kita. Juga share tautan ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kamu. Jazakumullahu khoiron.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/5023-adzab-kubur-dan-nikmat-kubur-kitab-al-irsyad-ila-shahih-al-itiqad-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/